Powered by Blogger.

Tuesday, July 7, 2015

1. Rangkaian timer sederhana.

kumpulan rangkaian elektronika sederhana

Mengapa bisa dikatakan demikian? karena pada umumnya untuk membuat suatu rangkaian timer atau pewaktu dibutuhkan minimal satu buah transistor atau satu buah IC (Integrated Circuit) sebagai komponen utama, right?
Tapi untuk bahasan rangkaian yang satu ini tidak memerlukan transistor atau ic, rangkaian ini hanya membutuhkan satu buah resistor dan kapasitor.
Prinsip kerja dari rangkaian timer yang sangat sederhana ini sebenarnya adalah sangat mudah untuk dipahami. Dan mungkin bagi anda seorang yang masih awam tentang disiplin ilmu elektronika sangat mudah untuk dipahami apalagi jika anda memang seorang yang sudah familiar dengan elektronika. Rangkaian ini memanfaatkan sifat dasar dari kapasitor yakni pengisian dan pelepasan muatan. Rangkaian beban dipasang parallel dengan kapasitor dan diseri dengan satu tahanan. Sehingga dengan begitu tegangan yang keluar terhubung dengan beban tergantung dari tegangan pada kapasitor. Artikel selengkapnya tentang Rangkaian Timer Sederhana ini bisa anda baca disini.

0 comments:

Post a Comment